الاثنين، ربيع الآخر ٠١، ١٤٢٦

Kasian deh.. So what?.. Hari gini?

Masih inget ga kalimat "Kasian deh lo.." yang membumi di masyarakat dipertengahan tahun 2001. Itu tahun dimana aku masih ngajar bahasa arab di rohis SMA. Namanya anak-anak rohis, anak-muda yang pengen ga jadi generasi ghuroba' (artinya : yang ga mau dianggap aneh) yang juga pengen ngetrend tapi ga salah dari sisi syari'ah. Mereka bertanya : "Bang, kasian deh lo itu boleh ga kita gunain?" kujawab "Knapa nggak? kecuali kalo kita gunakan kalimat itu kepada orang yang kena musibah, bisa-bisa antum ditonjok dia.." Mereka manggut, tandanya mengerti. "Lah, kan suruh murobbi kita ngomong bahasa arab yang bener hiks.. kasian deh lo kan ga islami bang, trus yang islami apa?"tanya mereka lagi. "Berarti.. kasian deh lo pake bahasa arab?" tanyaku. "Yo'i bang!!" semanget banget jawabnya. "Coba nih perhatikan kalimatnya, gak abang tulis loh.. liat makhrojnya, panjang pendeknya dan cuma abang sebut skali, siap?.... WAHYIIIN 'ALAIK..". Akhirnya "Kasian deh lo.." dibahasa arabkan menjadi "Wahyiin Alaik..". Siapa yang mo pake ini?

Kalo kalimat ini lahir taun 2002, lewat iklan salahsatu perusahaan komunikasi seluler. "So What gitu loh?". Bahkan sampe sekarang masih digunakan anak2 sd-sma (kampus juga loh). Jargon yang bahasanya acakadul (acak-acakan : bahasa preman) itu akhirnya juga banyak dipake buat anak yang tidak mau menaati suatu perintah dan tidak mau mendengar suatu nasihat. Misal ; ketika aku berkata kepada adik "makanya belajar yang bener biar nilaimu ga jelek" maka dijawab oleh adik "ih, biarin, so what gitu loh?". bagi kita yang masih muda sih asik2 aja denger kata itu, tapi kalo mengatakan kata itu kepada orangtua termasuk tidak sopan. Akhirnya, dalam sebuah diskusi "Baina alLughoh al-'arobiyah wal indunisiy" yang diisi oleh pakar bahasa DR. Salim Segaf Al-Jufri yang juga penasehat PKS (bukan Partai Keadilan Sejahtera, tapi Pusat Konsultasi Syariah) memberikan pendapat bahwa "So what gitu loh" jika ditujukan untuk ibadah atau menolak orang tua dapat dinilai Kafir (na'udzubillah deh). Jangan ucapkan lagi ya?

Tahun 2004, jargon "Hari gini ga punya handphone?". Aduh nyindir si Linda deh yang HP-nya raib hehe. Nyindir aku juga deh yang ikut raib setelah. Terlepas dari sindir menyindir, jargon itu akhirnya disingkat jadi "Hari gini.....?". Tapi kayaknya orang jawa ga cocok deh kalo nyebut itu, soalnya huruf "g" nya pasti lebih tebal dari biasanya hehe, jadi buat orang jawa jangan ikut2 ber-hari gini ya. Akibatnya, kemarin ahad pagi aku dapet pertanyaan ketika sedang ngajar bahasa arab untuk aktivis PKS Bantul. "Ustadz, kalo "hari gini.." itu bahasa arabnya apa?". Aku ga ngerti kalo tujuan mereka tanya itu ternyata buat iseng-iseng, langsung kujawab "Al-Yaumu..". Eh, sepanjang materi, selama mulutku nyap-nyap mendiktekan kalimat arab, ternyata "Hari gini.." diganti dengan "Al-Yaumu..". Berarti kalo iklan tv digantinya "Al-Yaumu Laa Maujudu Hanfun?"

Besok, kata apa lagi yang ngetrend?

6 Ada Komentar?

At الاثنين, ربيع الآخر ٠١, ١٤٢٦ ٣:٠٧:٠٠ م, Anonymous غير معرف Bilang...

moga2 ke depan kata2 yg ngetrend adalah kata2 yg islami, ihsan, ya ustadz?:)
oya, isbir...moga Allah mudahkan ustadz dalam menghadapi hujan teror.
Btw, bgmn tawaran ana utk ikutan IMB?:)
-umm nida-

 
At الثلاثاء, ربيع الآخر ٠٢, ١٤٢٦ ٤:١٠:٠٠ م, Anonymous evy Bilang...

mudah2an sebagai GenRo (Generasi Robbani) bisa memilah2 mana kata yg pantas diucapkan ya ustad. Do'ain kami yang masih muda2 biar gak imaah dgn yg gak jelas :)

 
At الأربعاء, محرم ١٩, ١٤٢٨ ٧:٥٤:٠٠ ص, Anonymous غير معرف Bilang...

You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it Basketball animated clipart Fans stay running after xp pro shuts down Old time baseball muskgum county ohiocannesville Flow of energy in hummers Free examples of casual wedding invitations Gratis webspace fr erotik Minivan dealer Demand phone conferencing Golf ball specifications

 
At الاثنين, صفر ١٥, ١٤٢٨ ٥:١٧:٠٠ ص, Anonymous غير معرف Bilang...

What a great site »

 
At الخميس, صفر ٢٥, ١٤٢٨ ٤:١٧:٠٠ م, Anonymous غير معرف Bilang...

Where did you find it? Interesting read »

 
At الخميس, ربيع الآخر ٢٣, ١٤٢٨ ٢:٠٢:٠٠ ص, Anonymous غير معرف Bilang...

Where did you find it? Interesting read Hairy daddy porn http://www.massive-cocks-3.info/big_cocks/video-big-cocks/ bondage drawings shemale world Lara crotf sex video Nylon mature Gay Fat huge ass Hairy women from europe Doctor in office pussy shaved Gay parenting charts dildo sissy training http://www.big-cocks-48.info Paris hilton quicktime

 

إرسال تعليق

<< Home