الأحد، جمادى الأولى 19، 1426

Di Sholat Kita Ada Setan?

Judul diatas diadopsi dari sebuah film laris "Disini Ada Setan". Lalu kenapa diberi judul seperti itu? Ya, karena setan selalu hadir dikala kita ingin mengerjakan sebuah kebaikan, hatta (hingga) solat sekalipun. Karena tugas setan hanya satu, membuat manusia menjadi temannya dineraka nanti, maka dengan segala daya dan usaha penipuan mereka lakukan.

Lalu adakah setan dalam solat kita? Mari kita upas dalam posisi apa saja mereka hadir... tanpa penampakan yang membuat kita takut dan lari.

  1. Ketika Adzan berkumandang, mungkin hati kita terbersit kalimat "nanti saja", itu bisikan setan yang menyatu kedalam hati kita sehingga kita mengabaikannya.
  2. Jika bisikan setan tak berhasil menggoyahkan kita maka setan melakukan penyerangan kedua. Dibiarkanlah kita jalan menuju masjid.Masjid yang kosong dan tidak ada jama'ah membuat setan leluasa menggoda manusia, dibisikkannya manusia dengan kalimat "jangan lama-lama solatnya, yang penting kamu sudah solat". Bisikan itu berpengaruh pada gerakan kita yang akhirnya cepat, tanpa tuma'ninah. Sedangkan Rasulullah SAW pernah mengancam bahwa seseorang yang sholat tanpa thuma'ninah (istirahat dari gerakan sebelumnya) tidak sempurna.
  3. Jika bisikan untuk mempercepat sholat tidak berhasil, maka setan masih berusaha menggoda kita. Ketika berdiri, mata kita tak tertuju ke arah tempat sujud. melihat kearah sana-sini. Pada saat itu setan berkata sambil mengusap wajah kita yang tak menunduk ke arah tempat sujud "Anda telah melakukan hal yang bodoh sepanjang hidup anda wahai manusia". Rasul pun pernah berpesan kepada sahabatnya bahwa "Seorang yang solat tidak melihat tempat sujud maka pada hari kiamat nanti wajahnya diganti oleh Allah dengan wajah keledai"
  4. Jika pandangan tetap ke arah tempat sujud, maka setan berhenti sejenak menunggu waktu ruku'. Maka pada saat ruku', dia menaiki leher kita sehingga kepala kita mendongak dan tidak sempurnalah ruku' kita.
  5. Jika ruku' kita sempurna, maka setan istirahat untuk menunggu kita bersujud. Maka pada saat sujud, mereka kembali menaiki pundak kita sehingga sujud kita seperti orang yang malas. Tidak sempurnalah sujud kita.
  6. Jika sujud kita sempurna, setan kembali beristirahat. Mulai kehabisan energi, si setan memanggil temannya untuk membantunya. Nampaknya kekhusyuan dan gerak kita yang sempurna itu pun dijadikan sebagai satu alternatif untuk ketidaksempurnaan sholat. Ada saja rasa lelah di kaki dan tangan yang membuat jari-jari kaki dan tangan kita tak sengaja kita bunyikan "tek, tek" karena kita tekuk sedemikian rupa sehingga tulang jari kita berbunyi. Padahal, yang kita lakukan itu adalah salah satu penguat setan. Karena dengan membunyikan jari berarti kita telah berzikir kepada setan dan menambah kekuatan setan untuk bersarang dalam diri kita.
  7. Jika setelah kita salam kita belum berhasil juga ditaklukkan, maka setan membisikkan kita (kembali) untuk tidak berdo'a. Alasannya, solat kan sudah do'a...
Begitulah posisi-posisi setan yang ada pada solat kita. Dan, yang paling disenangi setan adalah ketika kita merasa aman karena kita tidak digoda setan pada waktu solat.

Sungguh sulit melawan mereka, cuma ada satu cara : Muroqobatullah (Mendekatkan diri kepada Allah). Semoga kita mendapat perlindungan dari Allah SWT atas godaan setan yang terkutuk.

4 Ada Komentar?

At الاثنين, رمضان 07, 1426 12:09:00 ص, Anonymous uci Bilang...

Salamu'alaikum wr wb,

Kalau bulan Ramadhan begini, saat syetan dibelenggu, tapi shalat masih nggak khusyu ... artinya dari kita sendiri kali ya?? :D

O iya ini kali pertama saya mampir ke blogger islami, awalnya dari searching mengenai 'isyq' (abis baca buku Al Ghazali), trus ga sengaja klik link yang masih berhubungan mengenai 'mungkin kita penyebabnya', dst, s/ disini deh ... seneng sekali melihat salah satu wujud pemanfaatan internet sebagai wadah untuk dakwah.

Wassalamu'alaikum wr wb.

 
At الأربعاء, شوال 24, 1427 10:31:00 ص, Anonymous asleeanna hasyim Bilang...

Subhanalloh... tulisan ini, sangat menggoda untuk dibaca... dan menggelitik ana untuk bertanya "ada apa dengan setan??" syukron akhi...membuat ana 'ingat' kembali... bahwa... setan ada di mana-mana...

 
At الاثنين, صفر 15, 1428 2:34:00 م, Anonymous غير معرف Bilang...

Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. » »

 
At الثلاثاء, ربيع الآخر 07, 1428 7:44:00 ص, Anonymous غير معرف Bilang...

Very nice site! Liposuction operation Fiat faucets ontario canada Buying vicodin on the internet Literotica sex with mum stories http://www.tramadol6.info http://www.paintingappliances.info Health insurance illinois 1 Texas cuero taxes pro bono Shopping metal kitchen cabinets africa travel Hunter hepatech 250 air purifier license plate frames Free dvd burner software os9 craps

 

إرسال تعليق

<< Home