الثلاثاء، جمادى الأولى ١٤، ١٤٢٦

Nostalgia Pemilu

Ya memang Pemilu telah usai dan menghasilkan pemimpin yang beragam karakternya. Namun, perjuangan belum usai hatta (hingga) menutup mata terakhir. Dan perjuangan akan selesai hanya pada saat kiamat datang.

Perjuangan politik kali ini yang banyak dilakukan oleh "kita" adalah perjuangan mensukseskan Pilkadal (Pemilihan Kepala Daerah Langsung). Ratusan Kabupaten dan Kotamadya di Indonesia melaksanakan momen penting tersebut. Partai (PKS) memberikan kebijakan kepada masing-masing daerah untuk ikut andil dalam arena politik daerah tersebut. "Kita akan mengadakan loncatan besar lagi" kata Presiden PKS, Ir. Tifatul Sembiring. "Kalau kemarin kita bergabung dengan legislatif, maka insya Allah kali ini kita akan merubah warga dengan mewakilkan kader/simpatisan dalam arena eksekutif, yaitu pemilihan kepala daerah" papar Mahfuzh Siddiq, M.F.

Sami'na wa atho'na. Keputusan pucuk pimpinan kami jalani dengan senang hati. Seluruh kader/simpatisan kembali bergerak dengan lincah dan amunisi-amunisi yang biasanya. "Yang membedakan kita dengan yang lain adalah karena kita memiliki semangat muda dan pantang menyerah, bermental baja dan tak makan banyak biaya" kata Ust. Rahmat Abdullah (Allahuyarham) ketika memberikan pertemuan khusus Kaderisasi di DPP PKS Mei 2005 lalu.

Beberapa daerah mewakilkan kader sebagai Pemimpin daerahnya, seperti Kepulauan Riau, Bengkulu, dan Sleman (Yogyakarta). Namun, banyak juga daerah yang hanya mendukung tokoh tertentu yang dipertimbangkan dan memenuhi syarat secara syariat kepemimpinan, seperti Bantul, Solo, Sukoharjo, Bandung dan daerah lainnya.

Di Bantul, kami mendukung pasangan Kraton-Pesantren yaitu Gusti Bendoro Pangeran Harso Yudhaningrat (Adik kandung Sri Sultan HB X) dan Kyai Aziz Umar (Pimpinan Pesantren Al-Furqon). Beliau yang sedang kami perjuangkan beberapa hari ini memang tidak kukenal secara pribadi, namun (sekali lagi) tugasku cukup sami'na wa atho'na atas pertimbangan DPD Bantul. Aku dan istri-pun tidak diperkenankan nyoblos di tanggal 26 Juli nanti, karena kami bukan warga asli dan belum meliliki izin domisili/pindah. (Hiks, sedih..)

Namun, ada cara lain yang bisa kulakukan yakni membantu selama kampanye dan Direct Selling (DS). DS adalah senjata ampuh kader PKS yang sering dikeluarkan pada saat arena-arena politik digelar. DS yang lebih mengutamakan pendekatan personal lebih efektif secara kejiwaan dan sosial. Namun, DS kali ini beda. Kenapa beda? Kalau dulu, nge-DS-in PKS mudah, di kota besar dan dengan bahasa Indonesia. Sekarang? Cukup melelahkan, karena harus memilih kata yang tepat. Bahasa Jawa yang memiliki tingkatan penggunaan harus betul-betul benar peruntukannya. Jika bahasa jawa ngoko (bhs gaul) kita gunakan kepada orangtua, tentulan DS kita tak berhasil, sebaliknya jika bahasa kromo modyo-inggil (bhs kraton) kita gunakan kepada yang seumur atau lebih muda, kita akan ditertawakan.

Itulah kesan yang paling bernilai. Ada-ada saja yang bisa kita ambil pelajarannya dari kelemahan kita. Akhirnya, tugas DS kuserahkan kepada istri tersayang yang biasa kongkow-kongkow dengan ibu-ibu dan bahasa jawanya lebih fasih.

Aku berganti tugas. Dan tugasku dilakukan hanya pada malam hari. Tugas itu juga persis seperi yang kulakukan pada saat Pemilu 1999 (PKS masih bernama PK). Apalagi kalau bukan memasang spanduk, leaflett dan gambar-gambar calon. Setiap malam, aku dan ikhwan se-DPC yang berjumlah 7 orang keliling Desa. Setiap desa memiliki 10-14 dusun. Setiap dusun dipenuhi 150-350 kepala keluarga.

Namun, kami tentu tidak hanya bergerak dengan 7 orang. Karena kami melakukan sebagaimana yang dilakukan ikhwan lain di daerah lain. Melakukan hal tersebut juga bukan hal yang sulit. Karena itu adalah tugas rutin kami selaku sesama muslim yang merindukan kebenaran Islam. Dalam posisi apapun, kami akan rela melakukan hal yang tidak menyalahi syari'ah.

Tentunya, seluruh ikhwan juga akan berfikir sama denganku, bahwa Pilkada merupakan nostalgia Pemilu. Jangan sampai disia-siakan.

Parangtritis, 5 Hari Menjelang Pencoblosan PILKADAL

2 Ada Komentar?

At الخميس, محرم ٢٧, ١٤٢٨ ٩:١٣:٠٠ م, Anonymous غير معرف Bilang...

Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. » » »

 
At الخميس, صفر ٠٤, ١٤٢٨ ٢:٠٥:٠٠ م, Anonymous غير معرف Bilang...

Looking for information and found it at this great site... Mixing tires Fetch.php pg 2&keyword buy+meridia free ad adware se The bill episode guide online Air circuit breaker settings Does buspirone work for anxiety portable tv car

 

إرسال تعليق

<< Home